Bagaimana cara melakukan Backup

 

Salah satu langkah yang paling penting harus dilakukan oleh para pemakai/penguna adalah melakukan fungsi Backup. Sangat disarankan bahwa para pemakai/pengguna harus melakukan sedikitnya 1 kali backup setiap hari dan 1 kali backup ke flash disk / lokasi yang lain setiap minggu. Backup rutin akan mengerjakan dua fungsi penting. Fungsi yang pertama adalah fungsi backup yang sesungguhnya, yaitu menyalin seluruh sistem database. Fungsi yang kedua adalah fungsi sebagai pemeliharaan  rutin untuk sistem. Backup tanpa gangguan/kesalahan adalah suatu indikasi baik bahwa sistem anda dalam keadaan sehat. Tetapi, jika proses backup mengalami gangguan/kesalahan apapun, ini adalah indikasi bahwa sistem anda bermasalah dan anda harus segera menghubungi technical support center tanpa menunda-nunda.

 

Untuk melaksanakan backup, pemakai/pengguna harus login ke dalam sistem. Klik tombol "backup"  untuk memulai proses backup.

 

    

 

 

 

Ketika sistem bertanya " Lakukan Back-up secara rutin?, Anda perlu menjawab "YES" untuk memulai  proses backup tersebut. Tunggu sampai proses keseluruhan backup selesai.

 

 

Sepanjang proses backup, bila terjadi ada gangguan/kesalahan , pemakai/pengguna perlu mencatat nama kesalahan tsb dan segera menghubungi technical support center.

 

 

Proses Backup ini  sangat penting karena  sepanjang proses backup tsb akan mengerjakan beberapa langkah. Yang pertama adalah backup akan menyalin  keseluruhan database ke dalam direktori backup, yang mana terbagi menjadi tujuh set ( tujuh hari putaran) backup. Berikutnya, backup akan meng-index kembali semua database. Ketiga, backup juga akan merekam semua struktur dbf ke dalam memori nya untuk tujuan perbaikan

 

Backup ke lokasi yang lain

 

Para pemakai/pengguna disarankan  untuk sering melaksanakan backup ke lokasi yang lain secara rutin.  Backup ke lokasi yang lain berarti bahwa para pemakai/pengguna  harus mengcopy keseluruhan direktori CSS ke dalam media lain atau disk/flash disk yang lain. Gagasan untuk backup ke lokasi yang lain adalah satu kali seminggu dan pemakai/pengguna  perlu menyimpan sampai 7 set. Data dalam backup ke lokasi yang lain akan digunakan untuk memulihkan sistem ketika terjadi suatu peristiwa / masalah yang fatal terhadap sistem , seperti Virus, kebakaran atau yang lainnya.

 

 

Anti- Virus

 

Pastikan sistem anda dilindungi oleh perangkat lunak anti virus sebagai perlindungan tambahan untuk data anda.