Nomor Transaksi : Kontrol dan Reset

 

Salah satu modul pendukung yang paling utama adalah urutan nomor transaksi. Nomor transaksi ini akan berjalan mulai dari " 000001" s/d " 999999". Ketika angka-angka mencapai " 999999", pemakai/pengguna harus mereset nomor transaksi agar dapat berfungsi lagi. Akan tetapi, pemakai/pengguna juga dapat mereset nomor transaksi kapan saja. Hanya pemakai/pengguna dengan tingkat keamanan "LEVEL 5" dapat melaksanakan reset.

 

Nomor transaksi dengan sendirinya akan bertambah 1 setiap kali pemakai/pengguna  mengklik tombol transaksi  "Baru" dalam modul Penjualan tanpa melihat apakah transaksi penjualan sebelumnya telah lengkap ataup batal.

 

Untuk melihat modul nomor transaksi itu, pemakai/pengguna harus login kedalam sistem dengan tingkat keamanan "LEVEL 5".  Kliklah tombol "setup" untuk masuk ke modul Setup Sistem dan Transaksi.

 

 

 

 

 

Dalam modul Setup Sistem dan Transaksi,  pemakai/pengguna dapat klik tombol "Setup No.Transaksi" dan modul transaksi akan menunjukkan seperti di bawah ini.

 

 

Ada sejumlah fungsi mengikuti modul ini. Tombol ”Set" pada kanan atas akan mengijinkan pemakai/pengguna untuk melihat data/record berdasarkan  pada tanggal yang dipilih. Tombol ”Reset” pada kiri bawah akan memungkinkan pemakai/pengguna untuk mereset nomor transaksi. Dan tombol "Delete" akan menghapus suatu data/record yang dipilih (Klik kanan pada tombol ini akan menghapus10 data/record secara sekaligus). Lebih dari itu, jika pemakai/pengguna hanya ingin mereset nomor transaksi  tanpa menghapus data/record, pemakai/pengguna dapat menggunakan fungsi "Edit" dan mengubah data/record yang terakhir dalam data "tran_num" ke nomor transaksi yang baru dengan dikurangi 1 angka. Sebagai contoh, jika anda ingin mereset nomor transaksi supaya menjadi nomor 100001, maka anda perlu mengubah data/record yang terakhir "tran_num" menjadi nomor 100000.