Modul Persediaan - Pengenalan 

 

Modul Persediaan mencakup semua langkah-langkah yang diperlukan  untuk mengatur stok barang. Pemakai/pengguna dapat menciptakan daftar persediaan barang atau mengimport data barang dari file excel kedalam modul ini.

 

Modul persediaan ini adalah modul kontrol stok yang sangat luar biasa. Modul ini memperbolehkan para pemakai/pengguna untuk menciptakan  sendiri kategori item/barang & mengatur berbagai tipe item barang, seperti item penjualan, item sewa /persewaan dan item jasa/barang. Modul ini juga berisikan informasi keluar-masuk (lalu lintas) barang secara individu, kadaluarsa stok barang, dan penghitungan stok barang secara menyeluruh. Selain itu, modul ini dapat juga melakukan penghapusan item, memindahkan (keluar-masuk) barang ke bisnis unit lain. Dan sebagai tambahan, modul ini dapat melakukan pemrosesan memotong/membagi item barang ukuran besar menjadi potongan/ukuran kecil atau mengkombinasikan/menggabungkan berbagai item potongan/ukuran kecil ke dalam suatu item besar.

 

Pengontrolan harga barang seperti halnya harga yang beragam, item diskon, PPN, biaya jasa pelayanan, item komisi, dikontrol dalam modul persediaan ini. Kebijakan harga, diskon , diskon profile pelanggan juga diatur oleh modul ini.

 

Proses pembelian barang juga termasuk dalam modul ini, meliputi pesanan pembelian secara kelompok/group atau pesanan pembelian secara  tunggal.

 

 

Kategori Manajemen

 

Kategori &  subcategory 1

These inventory modules come with two default categories, which are the “GENERAL” and the “SPECIAL” category.  Each category will consists it own “GENERAL” subcategory 1.  The users are not permitting to edit or change or delete the default categories.  However, the users are permitted to create user-define categories up to maximum 1000 categories and 5000 subcategory1.

 

Dalam modul persediaan ini ada dua kategori awal, yaitu kategori "GENERAL" dan kategori "SPECIAL". Masing-Masing kategori berisi / memiliki sub-kategori1 "GENERAL" . Para pemakai tidakdiperbolehkan untuk mengubah atau menghapus kategori awal ini. Para pemakai/pengguna diperbolehkan menciptakan kategori user-define sampai maksimum 1000 kategori dan 5000 sub-kategori1.

 

 

Sub kategori 2

 

 Lebih dari itu, fungsi sub kategori 2, yang sebelumnya sudah ditetapkan dan digunakan untuk sistem, akan membedakan item-item tersebut ke dalam kelompok "ITEM", "JASA", " RENTAL" dan "ITEM JASA LAYANAN".

 

Untuk "ITEM" diberlakukan aturan yang normal, berlaku untuk semua item/barang yang mana akan mengurangi jumlah stok pada saat terjadi penjualan, atau perpindahan/transfer barang.

 

Pengaturan untuk "JASA", apapun bentuknya, jika mengindikasikan suatu item jasa/layanan, maka tidak akan mengurangi jumlah stok pada saat terjadi penjualan.

 

Pengaturan untuk "RENTAL" pada sub-kategori 2, digunakan untuk item yang berhubungan dengan penyewaan, seperti sewa kamar hotel atau sewa ruangan yang mana akan mengurangi jumlah stok ketika item tsb disewa dan akan bertambah kembali ketika item tsb dikembalikan.

 

Pengaturan yang terakhir yaitu " ITEM JASA LAYANAN" pada sub-kategori 2, digunakan untuk operator usaha saat menerima item, seperti misalnya "radio" untuk di perbaiki /diservice. Dalam situasi ini, jumlah stok akan bertambah ketika item barang diterima dan berkurang ketika item tersebut dikembalikan pada pelanggan.

 

 

UNIT

Aturan yang lain adalah aturan untuk ”UNIT”. Hal ini adalah keunikan dari suatu item kecuali aturan ' PAKET". Para pemakai/ pengguna diperbolehkan untuk mengedit atau menambahkan unit tambahan seperti "copy", " Gulungan" atau uraian lain yang diperlukan.

 

Sedangkan untuk aturan "PAKET”, digunakan oleh sistem untuk menetapkan suatu item yang terdiri dari berbagai sub item dan fungsi penjualan akan  mengurangi jumlah stok-stok sub item tsb ketika suatu PAKET terjual. Aturan ini sangat luar biasa dimana memungkinkan bagi operator usaha untuk menjual “PAKET” apapun hanya dengan bantuan fungsi ini

 

 

Manajemen Kartu Stok

 

Fungsi kartu stok akan mendata semua informasi lalu lintas item barang apakah item itu keluar (penjualan, transfer keluar, penghapusan, dll) atau masuk (pesanan pembelian /check in, transfer masuk, pengembalian item/barang). Semua fungsi kartu stok  akan mendaftar keseluruhan stok baik dalam jumlah maupun nilai untuk semua item. Sedangkan fungsi stok kadaluarsa akan mendaftar/mencatat  semua item barang yang mempunyai tanggal kadaluarsa yang ketika saat pesanan pembelian menyertakan tanggal kadaluarsa.

 

Sebagai tambahan, modul persediaan juga berisi fungsi lain seperti perpindahan item ke unit usaha lain atau ke CSS software. Fungsi penghapusan item/barang akan mengurangi jumlah item dan mencatat/merekam item yang dihapus ke dalam suatu tempat database khusus.

 

Salah satu kemampuan yang luar biasa dari modul ini adalah kemampuan untuk menetapkan suatu nilai tetap pada semua daftar item seperti penyesuaian nilai tambahan pajak, potongan, biaya layanan dan fungsi pemesanan ulang secara otomatis.

 

 Fungsi batas minimum stok dan pemesanan ulang secara otomatis akan mengurangi pekerjaan operator bisnis  hanya dengan mengatur sistem secara otomatis untuk melakukan pemesanan ulang suatu item jika tingkat persediaan barang telah berada di tingkat tertentu.