Kategori Produk, Sub kategori1, Sub kategori2 Dan Manajemen Unit

 

Modul Persediaan ini memiliki dua kategori awal, yaitu kategori"GENERAL" dan "SPECIAL". Masing-Masing kategori berisi/ memiliki sub kategori1" GENERAL". Para pemakai tidak diperbolehkan meng-edit/mengubah/menghapus kategori awal ini. Akan tetapi, para pemakai diperbolehkan untuk membuat/menciptakan kategori sendiri (user-define) sampai maksimum 1000 kategori dan 5000 sub kategori1

 

Untuk masuk ke manajemen kategori produk, pemakai harus login ke dalam sistem dengan tingkat keamanan minimum "LEVEL 4" dan kemudian klik tombol "PERSEDIAAN" untuk masuk ke modul persediaan tsb. Dari modul ini, pemakai dapat klik tombol yang kecil " C" pada sebelah kiri ujung atas untuk masuk ke manajemen kategori produk, seperti pada tampilan berikut: 

 

  

 

 

 

Pada modul manajemen kategori, kotak teks yang ada di tengah atas adalah kotak teks fokus kategori. Ada beberapa tombol pada sisi kiri yang merupakan tombol untuk menambah/meng-edit/menghapus kategori. Sedangkan pada sisi kanan adalah tombol-tombol untuk menambah/meng-edit/menghapus sub-kategori1.

 

Untuk menambahkan kategori baru, pemakai/pengguna harus klik tombol "Ubah" yang ada pada sisi kiri, dan layar di bawah akan menunjukkan :

 

 

Untuk menambahkan kategori baru, pemakai perlu mengklik lagi tombol "Add" untuk menambahkan kategori baru seperti yang tampak dibawah ini. Harap dicatat, penulisan karakter khusus atau spasi tidak diperbolehkan, dan panjang penulisan karakter yang diperbolehkan maksimal adalah 12 karakter.

 

 

 

Klik tombol “Save” untuk menyempurnakan fungsi penambahan kategori.

 

Untuk mengedit suatu kategori, langkah pertama adalah mengklik daftar kategori untuk mendapatkan fokus, lalu diikuti dengan mengklik tombol "Ubah" untuk memungkinkan fungsi edit. Kliklah tombol “Edit” untuk mulai mengedit dan pemakai dapat mengedit teks pada kotak teks dan kemudian klik "Save" untuk menyempurnakan pengeditan. 

 

 

 

 


 

 

 

Untuk menhapus suatu kategori, langkah pertama adalah mengklik daftar kategori untuk mendapatkan fokus, lalu diikuti dengan mengklik tombol "Ubah" untuk memungkinkan fungsi edit. Kemudian kliklah tombol “Delete" untuk menghapus suatu kategori. Harap diperhatikan, bahwa hanya kategori yang kosong (tidak ada catatan/record) yang dapat dihapus. Jika kategori masih berisikan data item, kategori tsb tidak dapat dihapus sampai semua data item yang ada didalamnya dipindahkan ke kategori lain.

 

Manajemen Sub-kategori1

 

Untuk menambahkan suatu sub-kategori1 baru untuk kategori tertentu , langkah pertama adalah mengklik daftar kategori pada sisi kiri untuk mendapatkan fokus seperti dibawah ini :

 

 

 

Setelah memperoleh fokus kategori, kliklah tombol “New”  pada sisi kanan untuk menambahkan suatu sub-kategori baru.

 

 

 

Untuk menghapus suatu sub-kategori1, langkah pertama adalah mengklik sub-kategori1 yang ditunjuk dan diikuti dengan mengklik tombol “Delete” pada sisi kanan.

 

Catatan untuk manajemen kategori dan sub-kategori

 

Pemakai/pengguna dapat menggunakan fungsi kategori dan sub-kategori untuk membagi persediaan barang ke dalam berbagai kategori dan berbagai sub-kategori. Sebagai contoh, untuk toko kebutuhan sehari-hari, pemakai dapat membagi kategori persediaan barang menjadi 4 macam kategori seperti : Makanan, Minuman, Kebutuhan hari-hari, dan Barang-barang berbahan kimia. Untuk itu, pada Sub-kategori1, Makanan terdiri dari makanan cepat saji, makanan beku dan sebagainya. Begitupun dengan kategori Minuman, pemakai dapat menetapkan sub-kategorinya menjadi minuman tanpa alkohol, minuman beralkohol dan sebagainya.

 

 

Manajemen Sub-kategori2

 

Untuk masuk ke manajemen sub-kategori2, pemakai dapat mengklik tombol" Subcat2" seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

 

 

Tidak banyak yang dapat diubah oleh pemakai dalam sub-kategori2 ini karena secara otomatis sistem telah menyediakan 4 jenis data, yaitu : "item", " jasa", "Rental", dan "item service". 4 jenis data ini semuanya menyediakan fungsi operasi khusus untuk sistem.

 

Sebagai contoh, jenis data " Item" akan membuat sistem menghubungkan suatu item barang dengan jumlah stok barang. Oleh karenanya, jumlah barang akan berkurang ketika terjadi penjualan.

 

Jenis data "Jasa” akan mengindikasikan penjualan suatu item adalah item jasa yang artinya tidak akan mengurangi stok item ketika terjadi penjualan.

 

Selanjutnya, jenis data "Rental" akan membuat sistem menghubungkan suatu item sebagai item sewa (misalnya : sewa mobil) yang mana sistem menginginkan suatu tanggal pengembalian item.

 

Dan yang terakhir adalah jenis data "Item service”( ItemSVC) yang mengindikasikan bahwa suatu item merupakan item service, dimana sistem menginginkan item tersebut harus dikembalikan pada pemiliknya.

 

Pemakai/pengguna tidak perlu menghapus atau mengedit ke 4 jenis data, juga tidak perlu menambah jenis data pada sub-kategori2 ini.

 

 

 

 

Manajemen Unit

 

Sistem mengijinkan pemakai/pengguna  untuk menetapkan sendiri unit item di samping unit yang telah ada, seperti : Unit, Paket, Kilogram, Ons dan Copy. Para pemakai disarankan untuk tidak mengubah unit yang telah ada. Akan tetapi, pemakai/pengguna dapat menambahkan unit baru sesuai keinginannya dibawah unit-unit yang telah ada.

 

Untuk masuk ke modul unit, kliklah tombol "Unit" pada saat berada  di Modul penetapan Kategori seperti di bawah ini.

 

 

Ketika modul unit muncul, anda akan melihat unit-unit yang telah ada seperti gambar dibawah.

 

 

Untuk menambahkan unit baru, kliklah tombol "Baru" dan masukkan nama unit baru yang dikehendaki seperti dibawah ini.

 

 

Masukkan  nama unit baru pada ke dua sisi agar memudahkan sistem untuk memprosesnya. 

 

Untuk menghapus suatu unit, kliklah/tunjuklah pada unit yang akan dihapus dan kemudian diikuti dengan mengklik tombol "Hapus"  untuk menyempurnakan penghapusan.