Aturan Diskon/Potongan Harga

 

Aturan diskon/potongan harga dapat diberlakukan untuk semua item (kecuali item sewa/rental). Aturan ini akan diterapkan ketika suatu item terjual dan total penghitungannya didasarkan pada aturan diskon/potongan harga.

 

Aturan diskon/potongan harga dapat dibuat untuk pelanggan-pelanggan tertentu, suatu kelompok pelanggan atau semua pelanggan. Aturan ini dapat terdiri dari tingkat potongan tunai tunggal untuk semua materi yang dihubungkan dengan aturan, atau masing-masing item terdiri dari dari  tingkat potongan tunai yang berbeda  dengan aturan yang sama.

 

Ada beberapa langkah untuk menetapkan suatu aturan diskon/potongan harga. Pertama-tama, pemakai harus menciptakan tanggal mulai dan  tanggal berakhirnya aturan diskon/potongan harga. ( Tanggal mulai dan tanggal berakhir dapat diatur sedemikian rupa).

 

Langkah yang berikutnya adalah mengatur tingkat diskon/potongan secara global.

 

Langkah ketiga adalah menetapkan aturan ini kepada pelanggan (apakah aturan ini berlaku untuk semua pelanggan, sekelompok pelanggan, atau pelanggan secara individu) dan langkah yang terakhir adalah menentukan item-item yang masuk ke dalam aturan ini. Sistem akan mengecek kemungkinan  adanya diskon/potongan harga ketika suatu item terjual.

 

Terakhir, jika suatu item mempunyai dua aturan, maka aturan yang terakhir akan mengesampingkan aturan yang sebelumnya.

 

 

Untuk menciptakan aturan diskon/potongan harga, pemakai harus berada dalam modul persediaan barang dan mengklik tombol "ItmRule" untuk masuk ke modul kontrol aturan item.

 

 

Untuk menciptakan suatu aturan baru, pemakai perlu mengklik tombol “New” untuk membuat aturan dan memasukkan judul aturan dalam kotak keterangan seperti halnya tanggal mulai dan tanggal berakhirnya aturan. Jika aturan ini merupakan “happy hour” untuk kapan saja, bidang “Waktu mulai” dan “Waktu selesai” tetap juga harus diisi. Disini saya masukkan judul aturan “MY DISCOUNT RULE”  pada kotak keterangan dan tanggal mulai adalah 04/12/2008 dan tanggal berakhir adalah 04/12/2009 seperti dibawah ini.

 

 

 

Kedua, Kategori Aturan harus di set ke " DiscountRule" (berhubung adanya dua pilihan) dan aturan ini berlaku untuk semua pelanggan ( Kelompok dan pelanggan individu dapat juga di-set).

 

 

Ketiga, pemakai harus menetapkan tingkat diskon/potongan harga dengan mengklik tombol “Set” yang ada di samping kotak Status seperti pada gambar diatas yang akan menuntun pada layar kontrol tingkat diskon/potongan harga seperti dibawah ini

 

 

 

 

Pada kotak Discount Type, pemakai perlu mengatur jenis diskon ke " PERCENT" jika pemakai ingin potongan harganya dalam persen atau " VALUE” jika potongan dalam bentuk suatu nilai nominal tertentu. Disini saya isi Discount Type dengan “PERCENT” dan Discount Number dengan  0.2 (yang berarti diskon/potongan 20%).

 

Kliklah tombol “EXIT” setelah selesai dan sistem akan kembali ke halaman “Item Aturan Setup” seperti dibawah.

 

 

 

 

 

 

Langkah berikutnya adalah menentukan item-item dalam aturan ini. Kliklah ”Detil” seperti diatas dan kita akan melihat daftar perincian item seperti dibawah (disini masih kosong).

 

 

Kliklah tombol “Detil” dan sistem akan membuka modul kontrol daftar item seperti dibawah (disini masih kosong). 

 

 

Untuk mulai memilih suatu item untuk aturan sewa, pemakai perlu mengklik tombol “Select” dan sistem akan menuntun pada halaman pilihan item seperti dibawah ini.

 

 

 

 Untuk memilih item, pemakai perlu menempatkan item pada sisi kiri dan kliklah tombol gerak (lihat atas) untuk memilih suatu item tertentu atau kliklah tombol gerak (lihat atas) untuk memilih semua item. Sebaliknya, untuk tidak memilih item, pemakai perlu menempatkan item di sebelah sisi kanan dan kliklah tombol gerak (lihat atas) untuk tidak memilih suatu item tertentu atau kliklah tombol (lihat atas) untuk tidak memilih semua item

 

 

Disini saya telah memilih tiga macam item, yaitu Marlboro 10 pack box, My Barang, dan Skippy Creamy Peanut seperti dibawah ini.

 

 

 

Kliklah “EXIT” ketika selesai dan sistem akan kembali ke modul kontrol daftar item. Lalu kliklah tombol “Refresh” untuk melihat item pilihanmu seperti gambar dibawah. 

 

 

Kliklah ”EXIT” ketika selesai. Sekarang telah ada 3 item barang dengan aturan diskon/potongan harga.