Penjualan Faktur

 

Proses penjualan faktur adalah sama dengan penjualan tunai, kecuali pada tahap pembayaran, pemakai mengeluarkan suatu faktur sebagai ganti kwitansi.

 

Untuk memulai suatu penjualan faktur, pemakai harus memulai transaksi dengan mengklik tombol “Baru” pada modul penjualan dan kemudian pilihlah sasaran pelanggan seperti di bawah ini. 

 

 

 

Setelah memilih sasaran pelanggan (Disini saya memilih MR SAMUEL DAVID sebagai pelanggan saya), pemakai perlu mengklik tombol “Pilih” untuk mengkonfirmasikan pemilihan pelanggan dan diikuti dengan memilih item-item yang dijual seperti dibawah ini. 

 

 

(Disini saya telah memilih 2 jenis item dengan total penjualan sebesar 24,800).

 

Kliklah tombol " Payment/Faktur" untuk masuk ke tahap pembayaran seperti dibawah.

 

 

 

Untuk mengeluarkan suatu faktur, kliklah pada  pada tombol “Tagihan (1 Hal)” (lihat gambar) dan sistem akan meminta pemakai untuk memasukkan tanggal jatuh tempo yang diharapkan untuk faktur ini. Secara otomatis, sistem akan menetapkan jatuh tempo 30 hari. Akan tetapi pemakai bebas mengedit  tanggal jatuh tempo. 

 

 

 Setelah persetujuan tanggal jatuh tempo, pemakai perlu mengklik tombol “Continue” untuk mengeluarkan fakter tersebut seperti contoh dibawah ini.

 

 Contoh berikut adalah suatu format faktur 1 halaman penuh.

 

 

 Contoh berikut adalah suatu format faktur 1/2 halaman.

 

Contoh berikut adalah suatu format faktur halaman pendek/singkat.