Siklus Transaksi Penjualan  

Untuk membuat suatu transaksi penjualan, pemakai harus klik pada tombol “NEW” (lihat gambar ) untuk memulai transaksi penjualan yang baru dan daftar pelanggan akan tersedia untuk pemilihan pelanggan  seperti di bawah ini. 

 

 

Pemakai dapat memilih pelanggan yang diinginkan seperti Pelanggan Tunai, atau Pelanggan 1 / Pelanggan 2, atau klik pada tombol kecil "Pelanggan" (lihat gambar ) atau teks “Customer” untuk masuk ke modul pelanggan seperti di bawah ini.

 

 

Untuk menambahkan pelanggan baru, pemakai dapat klik tombol “New” (lihat gambar ) untuk menciptakan pelanggan baru. 

 

Pada layar data entry pelanggan baru, pemakai dapat memasukkan nama pelanggan dalam bidang “Perusahaan” (Disini saya akan memasukkan perusahaan “MR. SAMUEL DAVID” dan diikuti dengan informasi lainnya seperti gambar diatas).

  

Klik tombol "Insert” untuk menyisipkan informasi kedalam database pelanggan dan kemudian kliklah tombol ”Exit” untuk kembali ke module informasi pelanggan. 

 

 

Untuk memilih nama pelanggan untuk transaksi penjualan, pemakai perlu mengklik pada nama pelanggan yang ada disisi kiri daftar pelanggan untuk mendapat fokus data seperti gambar dibawah ini ( disini saya akan mengklik nama “ MR. SAMUEL DAVID" sebagai fokus pelanggan). 

 

 

 

Langkah berikutnya adalah mengklik tombol “Pilih” (lihat gambar ) untuk menandai data yang sekarang sebagai data yang dipilih, dan diikuti dengan mengklik tombol “Exit” untuk kembali ke proses transaksi penjualan dan nama pelanggan yang dipilih akan otomatis terisi dalam pelanggan yang dipilih pada penjualan saat ini seperti dibawah ini. 

 

 

Langkah berikutnya adalah mengklik tombol “Pilih” yang ada disamping nama pelanggan untuk mengkonfirmasi nama pelanggan pada penjualan saat ini dan langkah penjualan akan pindah ke bagian selanjutnya. Bagian item pilihan.

 

Sekarang, bagian dari siklus transaksi penjualan yaitu memilih item yang dijual. Pertama-tama, pemakai harus mengidentifikasi obyek berikut.

 

1.  Tampilan/display fokus item saat ini seperti yang diperlihatkan gambar dibawah ini.

 

 

Tampilan/display ini menampilkan fokus item saat ini.

 

2. Kotak daftar pilihan item seperti gambar dibawah. 

 

 

Pemakai dapat naik turun untuk melihat-lihat daftar item. Garis yang biru adalah fokus item sekarang ini dan tampilan /display fokus item akan menunjukkan item yang sama. Pemakai dapat menekan Shift+F6 untuk memperbesar kotak daftar item dan tekan Shift+F6 lagi untuk kembali ke normal. Tekan F1 untuk detilnya.

 

3.   Obyek selanjutnya adalah kotak pencarian untuk teks yang dimasukkan seperti dibawah. 

 

 

Kotak Pencarian ini akan mengizinkan pemakai untuk masukkan karakter pencarian apakah itu karakter nama item, kode item, atau kode barkode dengan barcode scanner. Pencarian akan otomatis selesai ketika tombol tekan berhenti.

 

Sebagai hasilnya, pemakai bebas untuk melakukan pencarian suatu item barcode, memasukkan nama item dengan karakter, atau pencarian melalui kotak daftar item. Setelah item ditemukan, pemakai dapat mengklik tombol “Enter” dan item yang fokus sekarang ini akan terpilih ke daftar pilihan seperti dibawah dengan kuantitas penjualan 1. 

 

 

 

Jika pemakai mengklik lagi tombol “Enter”, kuantitas penjualan akan menjadi 2 dan seterusnya. Ada sejumlah kunci fungsi pengaturan pada bagian ini, pemakai bebas menekan fungsi F1 untuk melihat daftar fungsi-fungsi yang ada. Disini saya memilih item lainnya yaitu “MY FOOD !” dan item jual yang saya buat terakhir adalah seperti dibawah ini. 

 

 

Tampilan display kuning pada bagian atas layar seperti gambar dibawah ini adalah teks tampilan konfirmasi pilihan item, biasanya ini ditampilkan melalui Pole Display untuk pelanggan dapat melihat. Tampilan ini akan menghilang jika pemakai mengklik daerah warna kuning dan muncul lagi saat item baru lainnya dijual. 

 

 

 

 

Pada bagian area tombol kanan, area total/jumlah informasi akan menunjukkan informasi penjualan saat ini seperti total item, jumlah pajak, subtotal dan informasi total.

 

 

Setelah pemilihan semua item, langkah selanjutnya adalah pindah ke halaman pembayaran dengan mengklik tombol “Payment/Faktur”. 

 

 

Ini akan membawa kita kepada informasi halaman rangkuman pembayaran seperti dibawah ini 

 

 

 

Pada halaman pembayaran ini, pemakai dapat masukkan pesan apapun untuk transaksi ini pada kotak pesan di sisi kanan, jika ada.

 

Untuk melanjutkan  pembayaran ini, pemakai dapat memilih sejumlah metode pembayaran dengan meng-klik panah kursor pada jenis-jenis pembayaran seperti dibawah ini.
 

 

Next, the user can read other information such as total item, subtotal, the discount (we have one discount item in here) and the total amount needed to be paid.

Berikutnya, pemakai dapat membaca informasi lain seperti total item, subtotal, potongan harga ( kita telah ada satu potongan harga item disini) dan total jumlah diperlukan untuk dibayar. 

 

 

Setelah memasukkan jumlah pembayaran pelanggan (disini saya telah memasukkan 20,000) dan pemakai akan melihat adanya kembalian sebesar 7,200 dibawah

 

Langkah yang berikutnya adalah untuk memilih format kwitansi. Ada tiga pilihan, format kwitansipendek/singkat, format kwitansi setengah halaman, dan format kwitansi halaman penuh berdasarkan tombol kwitansi yang diklik. 

 

Contoh yang berikut adalah suatu kwitansi pendek/singkat.

 

Short receipt format.

 

 

 

Contoh yang berikut adalah kwitansi setengah halaman.

 

 

 

Contoh yang berikut adalah kwitansi satu halaman penuh.

 

 

 

 

 

Setelah pencetakan kwitansi, sistem akan menunggu kira-kira 10 detik ( waktu ini akan mengijinkan kasir untuk menerima pembayaran dan melakukan pengembalian uang dengan pelanggan) untuk memproses transaksi sebelum kembali ke modul penjualan dan siap untuk transaksi penjualan lainnya.